Skip to content

Definisi Kanstin dan Fungsinya

Kanstin adalah sebuah material bangunan yang biasanya digunakan untuk pembatas jalan. Tak sembarang pembatas jalan. kanstin merupakan beton dengan cetakan bentuk khusus yang difungsikan membatasi jalan, trotoar, hingga area got.

Bila harus membahas mengenai pengertian kanstin, maka yang terbayang justru apa saja fungsi dari material bangunan ini. Tak salah memang, karena bila harus menyebutkan kanstin adalah dalam sebuah definisi, maka yang pertama harus dijelaskan justru fungsi dari material yang juga disebut dengan kerb tersebut.

Ada banyak sekali fungsi berbeda dari kanstin ini sendiri dalam pembangunan jalan. Tak hanya untuk jalanan yang terbuat dari paving block saja. Manfaat lain dari kanstin adalah untuk pembatas jalan pula. Untuk itu dalam artikel di bawah ini kami akan membahas lebih jauh mengenai fungsi, hingga apa saja jenis kanstin yang ada berdasarkan dari manfaat masing-masing.

Fungsi kanstin

Fungsi utama dari kanstin adalah untuk memperkuat badan jalan yang terbuat dari paving block. Untuk fungsi ini, kanstin digunakan untuk mengunci paving block pada masing-masing naatnya agar tidak bergeser. Selain untuk mengunci paving block agar tidak bergeser dari susunan naat yang dibuat, fungsi dari kanstin adalah memperkuat paving atau conblock yang dipasang.

Satu lagi, untuk mendapatkan sudut lurus dari paving block pada jalanan tersebut. Untuk fungsi ini, jenis kanstin yang digunakan merupakan kanstin pengunci. Sedangkan ukuran dari kanstin ini bermacam-macam. Tergantung dari pabrikan yang dipilih. Sehingga Anda juga bisa menentukan seberapa besar atau kecil ukuran kanstin yang dibutuhkan.

Selain fungsi utama dari kanstin yang ada di atas, ada beberapa fungsi lain dari kanstin. Di bawah ini akan kami berikan beberapa fungsi tambahan kanstin yang membuat material bangunan satu ini banyak dicari dan digunakan. Berikut ini untuk 5 fungsi lain dari kanstin.

1. Kanstin Beton sebagai Pembatas jalan

Salah satu fungsi kanstin adalah untuk pembatas jalan. kanstin dengan tinggi yang cukup biasanya disusun di pingiran jalan sebagai pembatas. Meski terkesan sederhana, menggunakan kanstin sebagai pembatas jalan bisa membantu lajur lalu lintas menjadi lebih rapi. Selain itu juga tidak mengganggu estetika atau pun memakan banyak badan jalan karena ukuran kanstin yang kecil. Untuk kisaran harga kanstin pembatas jalan ini yaitu Rp 50.000 – Rp 60.000 per pcs.

2. Kansteen sebagai Peninggi Trotoar

Selain untuk pembatas jalan, fungsi berikutnya dari kanstin adalah untuk peninggi trotoar. Anda tentunya sering melihat pinggiran trotoar diberikan kanstin untuk membuatnya lebih tinggi. Selain menjadikan area pejalan kaki lebih tinggi dari pada bahu jalan, kanstin membuat pembeda yang jelas antara daerah yang bisa dilalui kendaraan atau pun tidak.

kanstin yang digunakan untuk trotoar juga memiliki nilai estetikanya sendiri. Menjadikan penampilan trotoar lebih apik.

3. Boulevard

Sama seperti fungsi kanstin pada pembatas jalan, kanstin yang digunakan untuk boulevard juga memiliki fungsi memberikan batasan. Untuk itu, kanstin yang digunakan pada boulevard, merupakan jenis dengan ukuran cukup tinggi. Berbeda dari kanstin yang digunakan untuk menjepit jalanan paving block misalnya.

4. Kanstin Mengganti fungsi cor pada jalan

Sebelum ada kanstin, pembatas pada tepi jalan akan dicor untuk menjamin kekuatannya. Namun sejak produsen mencetak beton untuk kanstin, yang digunakan justru kanstin atau kerb ini. Kanstin adalah memiliki beberapa keunggulan dari pada cor untuk pembatas pinggir jalan. Salah satunya lebih murah dan pemasangan juga jauh lebih cepat. Di sisi lain, kanstin memiliki daya tahan yang sama dengan cor beton yang dulu biasa digunakan.

5. Kanstein Untuk Tepi drainase

Fungsi terakhir dari kanstin adalah untuk membuat tepian dari drainase. Untuk fungsi ini ada tipe kanstin tersendiri yang digunakan, dimana tujuannya untuk memudahkan aliran air yang berasal dari jalanan untuk masuk ke area drainase. Untuk itu digunakan jenis kanstin khusus.

Selain itu, kanstin yang digunakan untuk tepian drainase ini juga membantu elevasi di sekitar drainase. Menjadikan daerahnya lebih tinggi dari pada sekitar.

Sharing Is Caring..!
Published inBlog
error: Content is protected !!